Aturan penggunaan

Informasi umum

  • Bi-Mobile sebagai sarana penunjang bisnis berusaha menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk menjamin keamanan dan kemudahan transaksi antar nasabahnya.
  • Bi-Mobile berperan sebagai perantara dalam setiap transaksi pembayaran maupun jual beli antar nasabahnya melalui mekanisme Bi-Mobile Payment System.
  • Biaya administrasi dari setiap transaksi pembayaran maupun jual beli, bisa ditentukan secara internal oleh manajemen BMT maupun kesepakatan bersama Nasabah Pelapak.
  • Sistem pengiriman barang dalam transaksi jual beli antar nasabah, bisa ditentukan secara internal oleh manajemen BMT maupun kesepakatan bersama Nasabah Pelapak.
  • Barang-barang yang dapat diperdagangkan melalui Bi-Mobile merupakan barang yang tidak tercantum di daftar “Barang Terlarang”.
  • BMT tidak bertanggung jawab atas kualitas barang yang diperdagangkan dan atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar Pengguna (Nasabah Pelapak dan Nasabah Pembeli).
  • BMT memliki kewenangan memberikan peringatan dan/ atau mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap akun yang diduga dan/ atau terindikasi melakukan kecurangan, penyalahgunaan, manipulasi dan/ atau melanggar Aturan Penggunaan di Bi-Mobile, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan “Jual Barang”, membatasi atau mengakhiri hak Pengguna untuk menggunakan layanan maupun menutup akun tersebut.
  • BMT memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan atas permasalahan yang terjadi pada setiap transaksi.
  • Jika pengguna melanggar setiap ketentuan yang telah ada setelah pemberitahuan peringatan, BMT berhak untuk melakukan langkah hukum selanjutnya jika dianggap perlu.
  • Bi-Mobile Payment System bersifat mengikat Pengguna Bi-Mobile dan hanya menjamin dana Nasabah Pembeli tetap aman jika proses transaksi dilakukan dengan Nasabah Pelapak yang terdaftar di dalam sistem atau anggota nasabah BMT. Kerugian yang diakibatkan keterlibatan pihak lain di luar Nasabah Pembeli, Nasabah Pelapak dan BMT, tidak menjadi tanggung jawab BMT.
  • BMT berhak meminta data-data pribadi Pengguna jika diperlukan.
  • Aturan penggunaan Bi-Mobile dapat berubah sewaktu-waktu atau diperbarui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan mengakses Bi-Mobile, Pengguna dianggap menyetujui Aturan Penggunaan Bi-Mobile dan perubahan-perubahan didalamnya.
  • Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BMT.

Pengguna

  1. Pengguna (Nasabah, Pembeli dan Pelapak) wajib mengisi data pribadi secara lengkap dan jujur di halaman akun (profil)
  2. Pengguna wajib mencantumkan alamat, nomor kontak, alamat e-mail, situs, forum, dan username media sosial di foto profil, header lapak, nama akun (username), nama lapak dan deskripsi lapak.
  3. Pengguna bertanggungjawab atas keamanan dari akun termasuk penggunaan username dan kata sandi.
  4. Data rekening bank yang bisa digunakan dalam transaksi Jual Beli di Bi-Mobile hanya data rekening BMT.
  5. Penggunaan fasilitas apapun yang disediakan oleh Bi-Mobile mengindikasikan bahwa Pengguna telah memahami dan menyetujui segala aturan yang diberlakukan oleh BMT.
  6. Selama berada dalam platform Bi-Mobile, Pengguna dilarang keras menyampaikan setiap jenis konten apapun yang menyesatkan, memfitnah, atau mencemarkan nama baik, mengandung atau bersinggungan dengan unsur SARA, diskriminasi, dan/ atau meyudutkan pihak lain.
  7. Pengguna tidak diperbolehkan menggunakan Bi-Mobile untuk melanggar peraturan yang ditetapkan oleh hukum di Indonesia maupun di Negara lainnya.
  8. Pengguna bertanggung jawab atas segala risiko yang timbul di kemudian hari atas informasi yang diberikannya kedalam Bi-Mobile, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak industri dan hak paten atas suatu produk.
  9. Pengguna diwajibkan menghargai hak-hak Pengguna lainnya dengan tidak memberikan informasi pribadi ke pihak lain tanpa izin yang bersangkutan.
  10. Pengguna tidak diperkenankan mengirimkan pesan gangguan dengan merujuk ke bagian apapun dari BMT.
  11. Administrator Bi-Mobile berhak menyesuaikan dan/ atau menghapus informasi barang, dan menonaktifkan Pengguna.
  12. BMT memiliki hak untuk memblokir penggunaan sistem terhadap Pengguna yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.
  13. Pengguna dilarang menggunakan kata-kata kasar yang tidak sesuai norma, baik saat berdiskusi di fitur kirim pesan, forum atau komentar ulasan. Jika ditemukan pelanggaran, BMT berhak memberikan sanksi seperti menonaktifkan sementara akun Pengguna.
  14. Pengguna dilarang menggunakan fitur kirim pesan atau chat sebagai iklan promosi barang dagangan, sarana penelitian, kuesioner atau survey di Bi-Mobile. Jika ditemukan pelanggaran, BMT berhak memberikan sanksi seperti menonaktifkan fitur pesan dan/ atau akun Pengguna.
  15. Pengguna dilarang melakukan transfer atau menjual akun Pengguna ke Pengguna lain atau ke pihak lain tanpa persetujuan dari BMT.
  16. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia dalam setiap transaksi di Bi-Mobile, dan tidak akan melakukan tindakan apapun yang mungkin melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  17. Pengguna dilarang membuat salinan, modifikasi, turunan atau distribusi konten atau mempublikasikan tampilan yang berasal dari Bi-Mobile yang dapat melanggar Hak Kekayaan Intelektual Bi-Mobile.
  18. Pengguna dilarang melakukan segal bentuk penyalahgunaan yang dapat merugikan Pengguna lain maupun pihak administrasi BMT.

Jual barang

  1. Nasabah Pelapak bertanggungjawab secara penuh atas risiko yang timbul di kemudian hari terkait dengan informasi yang dibuatnya. Namun tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta, merek, desain industry, desain tata letak sirkuit, hak paten dan/ atau izin lain yang telah ditetapkan atas suatu produk menurut hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Nasabah Pelapak hanya diperbolehkan menjual barang-barang yang tidak tercantum di daftar “Barang Terlarang”.
  3. Nasabah Pelapak wajib menempatkan barang dagangan seusai dengan kategori dan subkategorinya.
  4. Nasabah Pelapak wajib mengisi nama atau judul barang dengan jelas, singkat dan padat.
  5. Nasabah Pelapak wajib menampilkan gambar barang sesuai dengan deskripsi barang yang dijual dan tidak mencantumkan logo atau alamat situs jual beli pada gambar. Dianjurkan foto atau gambar memperlihatkan 3 bagian (depan, samping, dan belakang) dengan resolusi minimal 300 px.
  6. Nasabah Pelapak wajib mengisi harga yang sesuai dengan harga sebenarnya.
  7. Nasabah Pelapak tidak diperkenankan mencantumkan alamat, nomor, kontak, alamat e-mail, situs, forum username media social dan nomor rekening bank selain pada kolom yang telah disediakan.
  8. Nasabah Pelapak dilarang menjual barang yang identik atau sama (multiple posting) dengan yang sudah ada di lapaknya.
  9. Nasabah Pelapak dilarang melakukan duplikasi penjualan barang dengan menyalin atau menggunakan gambar dari Nasabah Pelapak lain.
  10. Nasabah Pelapak tidak diperkenankan memberikan informasi alamat, nomor kontak, alamat e-mail, situs, forum, username media sosial melalui fitur pesan.
  11. Nasabah Pelapak wajib memperbarui (update) ketersediaan dan status barang yang dijual.
  12. Catatan Pelapak diperuntukkan bagi Nasabah Pelapak yang ingin memberikan catatan tambahan yang tidak terkait dengan deskripsi barang kepada calon Pembeli. Catatan Pelapak tetap tunduk terhadap Aturan Penggunaan Bi-Mobile.
  13. Nasabah Pelapak wajib mengisi kolom Deskripsi Barang seusai dengan Aturan Penggunaan di Bi-Mobile.
  14. Nasabah Pelapak dilarang membuat transaksi fiktif untuk menaikkjan feedback atau rating. BMT berhak mengambil tindakan seperti pemblokiran akun atau tindakan lainnya apabila ditemukan tindakan kecurangan.
  15. Nasabah Pelapak wajib mengirimkan barang menggunakan jasa ekspedisi sesuai dengan yang dipilih oleh Pembeli pada saat melakukan transaksi di dalam sistem Bi-Mobile.
  16. Sistem pengiriman barang akan dibahas lebih lanjut.
  17. Nasabah Pelapak wajib memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan dalam Aturan Penggunaan.

Transaksi

  1. Demi keamananan dan kenyamanan para Pengguna, setiap transaksi jual beli di Bi-Mobile diwajibkan untuk menggunakan Bi-Mobile Payment System. Untuk informasi mengenai penggunaan Bi-Mobile Payment System dapat dipelajari di Panduan Bi-Mobile.
  2. Nasabah Pembeli wajib transfer sesuai dengan nominal total belanja dari transaksi dalam waktu 1 x 10 jam (dengan asumsi Nasabah Pembeli telah mempelajari informasi barang yang telah dipesannya). JIka dalam waktu 1 x 10 jam barang dipesan tetapi Nasabah Pembeli tidak mentransfer dana maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  3. Setiap transaksi di Bi-Mobile akan dikenakan biaya administrasi yang telah ditentukan, yaitu sebesar Rp 1000,- yang ditanggung oleh Nasabah Pembeli.
  4. Nasabah Pembeli tidak dapat membatalkan transaksi setelah melunasi pembayaran.
  5. Jika Nasabah Pelapak tidak mengirimkan barang dalam batas waktu pengiriman sejak pembayaran (2x24 jam kerja untuk biaya pengiriman reguler atau 2x24 jam untuk biaya pengiriman kilat), maka Nasabah Pelapak dianggap telah menolak pesanan. Sehingga sistem secara otomatis memberikan feedback negatif dan reputasi tolak pesanan, serta mengembalikan seluruh dana (refund) ke Nasabah Pembeli.
  6. Pengembalian dana transaksi dilakukan dengan menambahkan saldo ke rekening Nasabah Pembeli.
  7. Sistem Bi-Mobile secara otomatis mengecek status pengiriman barang melalui nomor resi yang diberikan Nasabah Pelapak. Apabila nomor resi terdeteksi tidak valid dan Nasabah Pelapak tidak melakukan ubah resi valid dalam 1x24 jam, maka seluruh dana akan dikembalikan ke Nasabah Pembeli. Jika Nasabah Pelapak memasukkan nomor resi tidak valid lebih dari satu kali maka Bi-Mobile akan mengembalikan seluruh dana transaksi kepada Nasabah Pembeli dan Nasabah Pelapak mendapatkan feedback yang fnegatif.
  8. Jika Nasabah Pembeli tidak memberikan konfirmasi penerimaan barang dalam waktu 2x24 jam sejak status resi pengiriman dinyatakan telah diterima oleh sistem tracking jasa pengiriman, MT akan mentransfer dana langsung ke rekening Nasabah Pelapak tanpa memberikan konfirmasi ke Nasabah Pembeli.
  9. Sistem secara otomatis memberikan feedback (rekomendasi) positif dan mentransfer dana pembayaran ke rekening Nasabah Pelapak jika status resi menunjukkan “Barang diterima” dan Nasabah Pembeli telah melewati batas waktu untuk konfirmasi.
  10. Nasabah Pembeli dapat memperbarui feedback maksmial 3x24 jam setelah transaksi dinyatakan selesai oleh sistem Bi-Mobile.
  11. Retur (Pengembalian Barang) hanya diperbolehkan jika kesalahan dilakukan oleh Nasabah Pelapak dan barang tidak sesuai diskripsi.
  12. Retur tidak dapat dilakukan setelah transaksi selesai menurut general tracking Bi-Mobile atau Nasabah Pembeli telah melakukan konfirmasi barang diterima dan tidak memilih retur.
  13. Bi-Mobile akan menahan dana hingga ada kesepakatab antara Nasabah Pembeli dan Nasabah Pelapak apakah Nasabah Pembeli akan mengembalikan barang ke Nasabah Pelapak atau tidak.
  14. Bi-Mobile akan mengembalikan dana transaksi ke Nasabah Pembeli jika dalam waktu 5 x 24 jam Nasabah Pelapak tidak merespon pesan permintaan retur dari Nasabah Pembeli di halaman Diskusi Komplain. Selanjutnya, Nasabah Pembeli wajib mengirimkan barang tersebut ke kantor BMT.
  15. Bi-Mobile tidak bertanggung jawab terhadap barang retur di kantor Bi-Mobile apabila Nasabah Pelapak tidak melakukan pengaduan kepemilikan barang dalam waktu 30 hari sejak barang diterima di kantor BMT.
  16. Nasabah Pembeli wajib mengirimkan barang ke Nasabah Pelapak dan menginformasikan nomor resi ke BMT jika ada kesepakatan retur dengan Nasabah Pelapak.
  17. BMT hanya memantau retur sampai barang diterima kembali oleh Nasabah Pelapak.
  18. BMT berhak melakukan refund dana ke Nasabah Pembeli jika barang retur telah sampai di kantor BMT dan berdasarkan pengecekan sesuai dengan yang dikeluhkan Nasabah Pembeli.
  19. BMT atas kebijakannya sendiri dapat melakukan penahanan atau pembekuan rekening Nasabah untuk melakukan perlindungan terhadap segel risiko dan kerugian yang timbul, jika BMT menyimpulkan bahwa tindakan pengguna, baik Nasabah Pelapak maupun Nasabah Pembeli terindikasi melakukan kecurangan-kecurangan atau penyalahgunaan dalam bertransaksi dan/ atau pelanggaran terhadap Aturan Penggunaan Bi-Mobile dan jika akun Pengguna diduga atau terindikasi telah diakses oleh pihak lain.

Barang terlarang

BMT telah dan akan terus melakukan hal-hal sebagaimana dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan untuk mencegah terjadinya perdagangan barang-barang yang melanggar ketentuan hokum yang berlaku dan/ atau hak pribadi pihak ketiga. Berkenaan dengan hal tersebut, berikut adalah barang-barang yang dilarang untuk diperjualbelikan melalui Bi-Mobile:

  1. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negative terhadap Bi-Mobile.
  2. Narkotika, obat-obat tidak terdaftar di Dinkes dan/ atau BPOM, dan obat yang harus disertai dengan resep dari Dokter.
  3. Senjata api, perlengkapan senjata api, replika senjata api, airsoft gun, air gun, dan peluru atau sejenis peluru, senjata tajam, serta jenis senjata lainnya.
  4. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  5. Bagian/organ manusia.
  6. Mailing list dan informasi pribadi.
  7. Barang-barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat menyinggung perasaan orang lain.
  8. Barang yang berhubungan dengan kepolisian.
  9. Barang yang belum tersedia (pre order) terkecuali sanggup kirim barang dalam waktu 2 x 24 jam kerja sejak transaksi terbayar.
  10. Barang curian.
  11. Barang mistis (contoh : susuk, jenglot, dll).
  12. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/ pencurian.
  13. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  14. Barang yang mengandung unsur pornografi seperti sex toys, alat untuk memperbesar organ vital, maupun barang asusila lainnya.
  15. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban serta stabilitas nasional.
  16. CD, DVD, dan software bajakan.
  17. Segala jenis binatang atau hewan peliharaan.
  18. Jasa, donasi, sewa menyewa, promo event dan sejenisnya terkecuali ada kerja sama resmi dengan pihak BMT.
  19. Merek dagang.
  20. Properti (rumah, tanah dan lain-lain)
  21. Produk non-fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir terdaftar/ tidak terdaftar, namun tidak terbatas pada akun BMT, e-book, akun game, pulsa elektrik maupun pulsa fisik/voucher, voucher kota internet, voucher game, voucher aplikasi, dan lainnya; terkecuali ada kerja sama resmi dengan pihak BMT.
  22. Produk yang bukan produk asli dengan merek, atau berkaitan dengan merek terdaftar.
  23. Gadget replika atau berasal dari pasar gelap (black market).
  24. Barang-barang yang dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia.

Sanksi

Segala tindakan yang melanggar peraturan di BMT Moblie akan dikenakan sanksi berupa:

  1. Nasabah Pelapak mendapatkan feedback negatif apabila tidak mengirimkan barang dalam batas waktu pengiriman sejak pembayaran (2 x 24 jam kerja untuk biaya pengiriman kilat).
  2. Nasabah Pelapak mendapatkan feedback negatif jika sudah memproses pesanan namun tidak kirim barang dalam batas waktu pengiriman sejak pembayaran (2 x 24 jam kerja untuk pengiriman regular atau 2 x 24 jam untuk pengiriman kilat).
  3. Akun dibekukan.
  4. Akun dinonaktifkan.
  5. Pelaporan ke pihak terkait (Kepolisian, dll).

Pembatasan tanggung jawab

  1. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul dari dan dalam kaitannya dengan informasi yang dituliskan oleh pengguna Bi-Mobile.
  2. BMT tidak bertanggungjawab atas segala pelanggaran hak cipta, merek, desain industry, desain tata letak sirkuit, hak paten, atau hak-hak pribadi lain yang melekat atas suatu barang, berkenaan dengan segal informasi yang dibuat oleh Nasaba Pelapak. Untuk melaporkan pelanggaran hak cipta, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit, hak paten atau hak-hak pribadi lain.
  3. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan penggunaan barang yang dibeli melalui Bi-Mobile, dalam hal terjadi pelanggaran peraturan perundang-undangan.
  4. Bi-Mobile tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul berkenaan dengan diaksesnya akun Pengguna oleh pihak lain.
  5. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul akibat transaksi di luar Bi-Mobile payment system.
  6. BMT tidak bertanggungjawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul akibat kesalahan atau perbedaan nominal yang seharusnya ditransfer ke rekening atas nama BMT Bina Ummah.
  7. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul apabila transaksi telah selesai secara sistem (dana telah masuk ke rekening Nasabah Pelapak ataupun Nasabah Pembeli).
  8. BMT tidak bertanggungjawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul akibat kehilangan barang ketika proses transaksi berjalan dan atau selesai.
  9. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul akibat kesalahan Pengguna ataupun piak lain dalam transfer dana ke rekening BMT Bina Ummah.
  10. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul apabila akun dalam kedaan dibekukan dan/ atau dinonaktifkan.
  11. BMT tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan nomor kontak dan/ atau alamat e-mail milik pengguna maupun pihak lainnya.

Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

  • Aturan Penggunaan ini dilaksanakan dan tunduk pada Peraturan Peundang-undangan Republik Indonesia.
  • Apabila terjadi perseslisihan, sebelum berali ke alternatif lain, Pengguna wajib terlebih dahulu menghubungi BMT Bina Ummah secara langsung agar dapat melakukan perundingan atau musyawarah untuk mencapai solusi bagi kedua belah pihak.
  • Sebelum mengubungi BMT Bina Ummah secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, pengguna setuju untuk tidak mengumumkan, membuat tulisan-tulisan di media online maupun cetak terkait pemasalahan yang dapat menyudutkan BMT Bina Ummah (termasuk petuas, direktur, karyawan dan agen).
  • Apabila dalam waktu 1 (satu) bulan setela dimulainya perundingan atau musyawarah ridak mencapai solusi, maka para pihak akan menyelesaikan permasalahan tersebut melalui Pengadilan.
  • Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, pengguna wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban lainnya menurut Aturan Penggunaan Bi-Mobile.